8 Bencana Terhebat Di Zaman Kuno yang menjadi Legenda - Surga Berita

Berita Terkini :

8 Bencana Terhebat Di Zaman Kuno yang menjadi Legenda

5. Gempa Damghan, Iran (856 M)



Gempa yang terjadi pada 22 Desember 856 M ini memiliki kekuatan 7,9 SR.
Pusat gempa berada pada 320 KM dari kota Persia.
Gempa ini menelan 200.000 korban jiwa.


4. Gempa Antakiya, Antioch (526 M)


Pada awal Mei 526 M, gempa ini melanda Syria dan Antioch.
Gempa ini diperkirakan memiliki kekuatan lebih dari 7 SR dan juga menelan korban jiwa sebanyak 250.000 orang.


3. Wabah Antonine, Kekaisaran Romawi (165 M-180 M)


Wabah ini diberi nama demikian setelah wabah tersebut membunuh Marcus Aurelius Antoninus, raja Roma.
Dilihat dari deskripsi nya, sejarawan membayangkan bahwa Wabah Antonine disebabkan oleh cacar atau campak.
Wabah ini sebenarnya digunakan untuk mengusir pasukan Romawi dari benteng di Timur.


2. Letusan Gunung Vesuvius, Pompeii (79 M)


Pada awal Agustus tahun 79, mata air dan sumur-sumur mengering. Getaran-getaran gempa ringan mulai terjadi pada 20 Agustus 79, dan menjadi semakin sering pada empat hari berikutnya, namun peringatan-peringatan itu tidak disadari orang, dan pada sore hari tanggal 24 Agustus, sebuah letusan gunung berapi yang mematikan terjadi. Ledakan itu merusakkan wilayah tersebut, mengubur Pompeii dan daerah-daerah pemukimanlainnya. Kebetulan tanggal itu bertepatan dengan Vulcanalia, perayaan dewa api Romawi. Laporan saksi mata satu-satunya yang bertahan dan dapat diandalkan tentang peristiwa ini dicatat oleh Plinius Muda dalam dua pucuk surat kepada sejarahwan Tacitus. Dari rumah pamannya di Misenum, sekitar 35 km dari gunung berapi itu, Plinius melihat sebuah gejala luar biasa yang terjadi di atas Gn. Vesuvius: sebuah awan gelap yang besar berbentuk seperti pohon pinus muncul dari mulut gunung itu. Setelah beberapa lama, awan itu dengan segera menuruni lereng-lereng gunung dan menutupi segala sesuatu di sekitarnya, termasuk laut yang di dekatnya.


1. Gempa dan Tsunami Helike, Yunani (373 SM)


Helike menjadi terkubur dibawah tanah karena pegerakan teluk karena gempa dan juga tsunami. kota Yunani kuno yang tenggelam pada malam musim dingin tahun 373 SM. Kota ini terletak di Achaea, Peloponnesos utara, dua kilometer dari Teluk Korintus. Dora Katsonopoulou, dan Steven Soter dari Musuem Sejarah Alam Amerika menemukan kembali kota ini pada musim panas tahun 2001, di dekat desa Rizomylos.

Air Bah Zaman Nabi Nuh


Puluhan tahun Nuh berdakwah, tetapi umatnya tidak mau mengikuti ajarannya dan tetap menyembah berhala. Bahkan mereka sering kali menganiaya Nuh dan pengikutnya. Untuk itu Nuh meminta Allah supaya menurunkan azab bagi mereka. Kemudian dalam kisah tersebut dikatakan bahwa Allah mengabulkan permintaan Nuh. Agar umat Nuh yang beriman terhindar dari azab tersebut, Allah memerintahkan Nuh untuk membuat bahtera. Bersama para pengikutnya, Nuh mengumpulkan paku dan menebang kayu besar dari pohon yang ia tanam selama 40 tahun. Melalui wahyu-Nya, Allah membimbing Nuh membuat bahtera yang kuat untuk menghadapi serangan topan dan banjir. Bahtera Nuh dianggap merupakan alat angkutan laut pertama di dunia.


Letusan Gunung Krakatau, Indonesia (1883 M)


Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana (Gunung Krakatau) yang sirna karena letusannya sendiri pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Letusan itu sangat dahsyat; awan panas dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum tanggal 26 Desember 2004, tsunami ini adalah yang terdahsyat di kawasan Samudera Hindia. Suara letusan itu terdengar sampai di Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika, 4.653 kilometer. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki di akhir Perang Dunia II.


Atlantis (9500 SM)


Atlantis, Atalantis, atau Atlantika adalah pulau legendaris yang pertama kali disebut oleh Plato dalam buku Timaeus dan Critias. Dalam catatannya, Plato menulis bahwa Atlantis terhampar "di seberang pilar-pilar Herkules", dan memiliki angkatan laut yang menaklukan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra "hanya dalam waktu satu hari satu malam".

Title Post: 8 Bencana Terhebat Di Zaman Kuno yang menjadi Legenda
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: surgaberita

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar


LIKE dan FOLLOW SurgaBerita









Copyright 2013 Surgaberita All rights reserved Designed by Cafe-share Forum