Enam Calon Pemain Naturalisasi Segera Disumpah - Surga Berita

Berita Terkini :

Enam Calon Pemain Naturalisasi Segera Disumpah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perkembangan calon pemain yang siap dinaturalisasi telah mencapai titik temu. Setelah cukup lama diproses, akhirnya Keputusan Presiden terkait enam pemain yang akan dinaturalisasi itu sudah ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Keenam pemain tersebut yakni, empat pemain keturunan asal Belanda, Tonnie Cusell, Stefano Lilipaly, Johny Rudolf van Beukering dan Sergio van Dijk, serta dua pemain asal Nigeria yang saat ini bermain di Liga Indonesia, Greg Nwokolo (Persija) dan Victor Chuckwuekezie Igbonefo (Persipura Jayapura).

“Untuk para pemain yang akan dinaturalisasi itu Keppresnya sudah turun dari Presiden dan bisa segera disumpah,” ungkap Nurhikmat Hamzah, Kasubdit Naturalisasi Pewarganegaraan Direktorat Tatanegara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkum HAM.

Nurhikmat menambahkan, "Per tanggal berapa Keppres itu, saya lupa, yang jelas tentang pemain naturalisasi itu sudah bisa disumpah. Namun, saya masih belum tahu kapan mereka akan disumpah."

Sebelumnya, surat permohonan pertimbangan kewarganegaraan RI dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat. Surat permohonan tersebut tertanggal 5 Juli 2011. Setelah disetujui DPR, surat kemudian dikembalikan ke Sekretariat Negara untuk ditandatangani Presiden dalam sebuah keppres.

Para pemain ini melalui proses naturalisasi sesuai dengan Pasal 20 UU 12 Tahun 2006, yang intinya menyebutkan pemberian kewarganegaraan bisa dilakukan kepada mereka yang dinilai berjasa atau untuk kepentingan negara.


SUMBER
Quote:
SEDIKIT PROFIL PEMAIN:



Tonnie Cusell



Belum banyak orang yang tahu siapa Tonnie Cusell . Dia adalah sepupu dari Stefano Lilipaly yang kini bermain di FC Hilversum yang berlaga di Topklasse, Liga ketiga di bawah Eredivisie dan Eerste Divisie.

Dia lahir 4 Februari 1983 dan sudah memperkuat berbagai klub di Belanda baik di liga utama maupun liga kedua. Perjalanan karir sejak remaja dari Vitesse Arnhem, RKC Waalwijk, FC Twente, AFC Amsterdam dan terakhir di FC Hilversum.

Menurut pengamatan Radio Nederland, Tonnie Cusell Lilipaly memiliki kecepatan yang bagus dan passing yang matang. Tidak jarang pula dia melesakkan gol dari kiri pertahanan lawan. Walau tubuhnya tidak terlalu tinggi dibanding rata-rata pemain Belanda, tapi skill penguasaan bola cukup bagus.

Bagi Ton, panggilan akrabnya, Indonesia bukan negara yang asing. Dia sudah pernah berlibur ke Bali. Dia sangat menyukai makanan dan keakraban orang Indonesia. Kepada Radio Nederland, Ton menuturkan sudah ada pendekatan dengan beberapa klub di Indonesia tanpa membeberkan nama.




Stefano Lilipaly



Stefano Lilipaly adalah pemain kelahiran Arnhem, Belanda, 10 Januari 1990. Dia memiliki dara Indonesia dari sang ayah Ron Lilipaly yang berasal dari Maluku.

Sedangkan ibunya Adriana adalah warga negara Belanda. Dia pernah datang ke Indonesia untuk mengikuti seleksi timnas U-23 yang saat itu masih dilatih Alfred Riedl.

Dia pernah mewakili Belanda U-15 hingga U-18, namun berkeinginan membela timnas senior Indonesia. Dia biasa berposisi sebagai gelandang serang.

Stefano sudah mulai bermain sepak bola sejak umur 7 tahun di klub amatir DCG. Dia sempat pindah ke tim junior AZ Alkmaar sebelum bergabung dengan tim junior FC Utrecht.


Jhon van Beukering



van Beukering lahir di Velp, Belanda 29 September 1983. Saat ini, van Beukering bermain bagi klub CS Vise di Belgia karena kecewa dengan ketidakpastian Liga Indonesia, sebelumnya van Beukering sudah mengikat kontrak selama tiga tahun bersama Pelita Jaya.

van Beukering mengawali karirnya di Vitesse tahun 2000-2004 sebelum akhirnya dipinjamkan ke FC Zwolle tahun 2002-2003. Pada tahun 2204-2007, van Beukering resmi pindah ke De Graafschap yang membawanya menjadi pemain terbaik di klub tersebut. Beberapa kali Beukering berpindah klub, mulai dari NEC, Go Ahead Eagles, Feynord, dan CS Vise.

Beukering sebenarnya sempat diudang memperkuat Indonesia saat menghadapi Uruguay beberapa waktu lalu. Namun karena belum memegang paspor Indonesia, PSSI akhirnya membatalkan kedatangannya.


Spoiler for Sergio van Dijk

Sergio van Dijk



Sergio van Dijk adalah pesepakbola asal Belanda yang kini bermain di Liga Australia bersama Adelaide United. Pemain kelahiran Aasen, Belanda 6 Agustus 1982 itu menjadi pemain yang pertama diperkenalkan untuk dinaturalisasi.

Sergio yang memiliki garis keturunan Indonesia dari ibunya itu mengaku bersedia memperkuat tim nasional Indonesia. Pada awalnya, Van Dijk tidak mau melepas kewarganegaraan Belanda secera permanen, tapi akhirnya dia rela melepas kewarganegaraan Belanda dan berganti menjadi warga negara indonesia.


Spoiler for Greg Nwokolo

Greg Nwokolo




Greg adalah pemain kelahiran Nigeria 3 Januari 1985 ini sudah akrab dengan kondisi sepakbola Indonesia. Dia memulai karirnya di klub Singapura Tampines Rovers FC 2004. Setelah semusim, Greg kemudian pindah ke Young Lions.

Greg memulai karir di Indonesia pada tahun 2004 bersama Persijatim Solo FC. Namun, ia memutuskan balik ke Singapura dan Di sana dia bergabung bersama Young Lions FC dan Singapore Armed Force.

Pada tahun 2099, Greg memutuskan bermain di Liga portugal bersama S.C. Oihanense. Setelah semusim, dirinya kembali bermain di Indonesia bersama Persija. Penampilan cemerlang Greg membuat BTN ingin menaturalisasi dirinya untuk bermain di Timnas Indonesia.


Spoiler for Victor Igbonefo

Victor Igbonefo



Victor Igbonefo sudah tidak asing lagi buat para pecinta Liga Indonesia. Pemain kelahiran Nigeria 10 Oktober 1985 ini sudah memperkuat Persipura sejak tahun 2005 dan menjadi andalan tim Mutiara Hitam tersebut.

Igbonefo memulai karir di klub lokal Nigeria Nigerdock Soccer Academy dan First Bank FC Lagos. Bek berpostur 186 cm ini sudah menetap di Indonesia selama lima tahun dan ia bersedia untuk dinaturalisasi menjadi WNI.

Title Post: Enam Calon Pemain Naturalisasi Segera Disumpah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: surgaberita

Terimakasih sudah berkunjung, Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar


LIKE dan FOLLOW SurgaBerita









Copyright 2013 Surgaberita All rights reserved Designed by Cafe-share Forum